News

HLN74 Fasilitasi Sinergi Lembaga Riset, Perguruan Tinggi dan Dunia Usaha

Jakarta, 2 Agustus 2019, pelakubisnis.com – Perhelatan Hari Listrik Nasional 74 bukan hanya sekedar  ajang exhibition and conference ketenagalistrikan semata, melainkan juga sebagai ajang mempertemukan hasil riset dari perguruan tinggi dan lembaga riset dengan pelaku usaha kelistrikan. Demikian disampaikan  Kepala Bidang Pameran HLN 74, Eddy Cahyanto, kepada pelakubisnis.com, di  Jakarta (2/8).

Menurut Eddy, Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI) dalam acara HLN sebagai fasilitator untuk mempertemukan para pelaku usaha kelistrikan dengan lembaga-lembaga penelitian, seperti LIPI, BPPT dan lembaga riset lainnya serta perguruan tinggi, seperti Fakultas Teknik Universitas Kristen Indonesia, Universitas Trisakti, Sekolah Tinggi Teknik PLN, dan Universitas Indonesia.  Harapannya dalam ajang HLN74 akan terbangun interaksi positif antara lembaga riset, perguruan tinggi dan dunia usaha kelistrikan.

“Memang sebaiknya ada sinergi antara lembaga riset, perguruan tinggi dengan dunia usaha dalam melakukan riset yang dapat diimplementasikan dalam dunia usaha. Dengan sinergi demikian, hasil riset dapat langsung diterapkan bagi kepentingan dunia usaha,” katanya serius.

Lebih lanjut ditambahkan,  pelaku usaha sebaiknya bekerjasama dengan lembaga riset dan perguruan tinggi dalam melahirkan produk-produk inovatif sesuai keinginan dunia usaha. Di mana dunia usaha dapat mengalokasikan dana risetnya kepada lembaga-lembaga riset dan perguruan tinggi, sehingga lembaga riset dan perguruan tinggi akan lebih fokus melakukan penelitian yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Itu sebabnya, setiap penyelenggaraan HLN, pihak MKI memperhatikan dan mendukung perguruan tinggi dan lembaga riset dalam ajang itu. Dalam hal ini pihak MKI menyediakan booth standar gratis bagi lembaga riset dan perguruan tinggi yang mempunyai inovasi bagi kemajuan kelistrikan nasional.